Disbudpar- Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Se Indonesia tahun 2018 yang berlangsung di Kota Tarakan berjalan dengan lancar. Acara yang digelar dari tanggal 23 hingga 28 Juli 2018 ini, berlangsung sangat meriah pada saat pembukaannya. Salah satu yang paling ditunggu-tunggu masyarakat tuan rumah adalah Pawai Budaya Nusantaranya. Karena seluruh kota di Indonesia membawa masing-masing identitas kebudayaannya dalam pawai tersebut.

Pemerintah Kota Palangka Raya yang diwakili oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Palangka Raya tentu saja tidak mau melewatkan salah satu ajang ini untuk melakukan promosi sekaligus memperkenalkan budaya dari Kota Palangka Raya. Dengan berbagai keterbatasan, tentu tidak membuat Disbudpar patah semangat untuk menampilkan yang terbaik dalam Pawai Budaya Nusantara di APEKSI kali ini. Selain itu Disbudpar juga di dampingi oleh beberapa perwakilan SOPD di lingkungan PEMKO Palangka Raya serta Putra Pariwisata Kota Palangka Raya yakni Innocent Passage dan Putri Pariwisata Kota Palangka Raya yakni Claudia Natasha yang terpilih pada tahun 2018.

Sambutan meriah dari masyarakat yang hadir pun bertambah gemuruh ketika Tim Pawai Budaya PEMKO Palangka Raya akan melewati panggung kehormatan. Tepuk tangan pun tidak hentinya diberikan selama melewati panggung kehormatan. Jauh sebelum melewati panggung kehormatan, banyak juga yang mengabadikan momen dengan tim pawai budaya termasuk juga mereka yang berswafoto dengan Putra dan Putri Pariwisata Kota Palangka Raya.

Tim Pawai Budaya Disbudpar pada tahun lalu juga mendapatkan antusias yang sama dari masyarakat pada saat APEKSI 2017 yang dihelat di Kota Malang. Sehingga PEMKO Palangka Raya selalu menjadi salah satu tim Pawai Budaya paling Favorit setiap tahunnya.

Di tahun 2019 yang mendatang APEKSI selanjutnya akan berlangsung di Kota Tasikmalaya. Dan tentu saja Disbudpar akan mempersiapkan konsep karnaval yang akan lebih menarik lagi dari tahun-tahun sebelumnya. AdminIR