Taman Terpopuler Di Kota Palangka Raya

Palangka Raya merupakan kota dengan tata ruang terbaik se Indonesia pada tahun 2015. Kota yang dirancang dengan banyaknya jalan lurus ini, sudah dipersiapkan sejak lama untuk menjadi ibukota Indonesia. Tetapi wacana tersebut nyatanya belum terealisasikan. Namun hal itu buka alasan untuk tidak membuat Kota Palangka Raya menjadi kota yang berkembang dan maju di Indonesia.

Kota Palangka Raya juga memiliki wilayah terluas se Indonesia, walaupun 70% masih didominasi hutan lindung maupun konservasi. Tetapi itu menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik wisatawan lokal dan juga mancanegara agar datang ke Kota Palangka Raya. Misalnya Taman Nasional Sebangau yang merupakan hutan konservasi dan juga hutan untuk menjaga habitat endemik Kalimantan yakni Orang Utan. Selain banyaknya fauna yang hidup disana, floranya pun tidak kalah menarik untuk di amati.

Namun tahukah anda? Ternyata sebagian besar masyarakat Kota Palangka Raya mempunyai pilihan sendiri untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan juga teman-temannya di akhir pekan. Pilihan tersebut yaitu pergi ke taman-taman yang ada di kota Palangka Raya. Sampai sejauh ini tercatat 51 taman yang ada di Kota Palangka Raya. Taman tersebut meliputi Taman Ruang Terbuka Hijau dan Taman Tidak aktif.

Saat ini taman yang paling populer di Kota Palangka Raya adalah Taman Pasuk Kameluh. Taman yang terletak di jalan S. Parman ini setiap hari tidak pernah sepi dari kunjungan masyarakat. Terlebih di saat akhir pekan tiba, sekitar tiga kali lipat masyarakat yang datang di hari biasa. Walaupun pembangunan taman ini masih belum selesai 100%, tetap saja tidak menyurutkan masyarakat untuk datang berbondong-bondong untuk datang.

Adam misalnya, yang datang bersama keluarga memberikan pendapatnya tentang Taman Pasuk Kameluh. Dia mengatakan “Taman Pasuk Kameluh mempunyai pemandangan yang sangat bagus, karena langsung berada di pinggir sungai Kahayan dan juga jembatan Kahayan yang sempat menjadi ikon Kota Palangka Raya. Sehingga ini menjadi spot yang bagus untuk bercengkerama bersama keluarganya.”

Lalu dia menambahkan, “bahwa kami masyarakat kota Palangka Raya masih menantikan bagaimana bentuk taman ini sebenarnya karena masih dilakukannya tahap pembangunan sampai saat ini.”

Selain itu ada juga Arika yang masih duduk di Sekolah Menengah Atas mengatakan, “hampir setiap minggu saya datang ke Taman Pasuk Kameluh bersama teman-temannya. Walaupun saya tidak tahu apa yang akan lakukan tetapi saya tetap datang kesini. Tapi yang pasti taman pasuk kameluh selalu ramai setiap sore hingga malam. Dan hampir disetiap kunjungan saya kesini, saya selalu menyempatkan untuk berfoto. Pemandangannya bagus dan tamannya juga rapi banget” Ujarnya.

Penulis juga sempat beberapa kali menyempatkan mampir ke Taman Pasuk Kameluh dan memang taman yang satu ini memiliki desain yang sangat rapi dan juga ramah untuk semua usia. Terlebih tempatnya yang sangat strategis untuk di jangkau oleh kendaraan umum maupun pribadi. Walaupun masih dalam tahap pembangunan tetapi para pekerja yang sedang melakukan pembangunan tersebut tidak mengganggu sama sekali bagi masyarakat yang datang.

Nah, buat kalian yang sedang berencana berlibur ataupun berkunjung ke tempat keluarga yang ada di Kota Palangka Raya, jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi Taman Pasuk Kameluh. Karena kalian akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat bagus mengahadap ke Sungai Kahayan, yang mana sungai inilah yang membelah Kota Palangka Raya. Penulis menyarankan untuk datang di malam hari karena dari sini kalian bisa melihat kerlap-kerlip rumah warga yang tinggal di lanting (rumah di atas air). Dan kalau beruntung juga melihat kapal barang tradisional yang melintas di sungai kahayan pada saat malam hari. (Ibnu Rasyid 2018)