Obyek Wisata Sungai Batu merupakan obyek wisata baru di Kota Palangka Raya yang terletak di Desa Sei Gohong yang merupakanDesa Wisata, di lokasi sungai batu ini wisatawan bisa melihat keindahan hamparan batu dengan di aliri air merah kehitaman. Suasana yang asri dengan pemadangan indah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Akses menuju sungai batu dari Kota Palangka Raya kurang lebih 35 km dengan waktu kurang lebih 35 menit. Disini pengunjung atau wisatawan bisa mandi dan berenang bersama keluarga serta kerabat untuk menikmati air sungai batu yang dingin, di lokasi sungai batu juga telah disediakan penyewaan pelampung yang terbuat dari ban dalam mobil. Unutk harga sewa pelampung bervariasi 5000 (lima ribu) sampai  Rp. 10.000 (sepuluh ribu) satu pelampungnya, tergantung ukuran besar kecilnya pelampung.

Sebelum dijadikannya tempat obyek wisata, sungai batu merupakan lahan masyarakat setempat untuk berkebun. Kemudian lahan tersebut dihibahkan ke Pemerintah Kota Palangka Raya untuk dijadikan tempat obyek wsiata karena memiliki potensi alam yang cocok untuk tempat berwisata.

Setelah puas mandi dan berenang wisatawan juga bisa melihat langsung Orang Utan yang dilepas liarkan di Pulau Kaja dengan mengelilingi pulau kaja dengan kapal kecil atau biasa disebut kelotok. Untuk melihat Orang Utan, pihak Yayasan BOSF (Borneo Orangutan Survival Foundation) melarang para wisatawan untuk melihat Orang Utan dengan jarak yang dekat, jarak yang ditentukan oleh BOSF adalah 15 meter dari bibir sungai ke kelotok. Aturan atau larangan ini dibuat untuk menjaga keselamatan para wisatawan agar tetap aman. (Abe)