Disbudpar, pada tanggal 8 agustus 2018 lalu telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Dasar Sumber Daya Manusia Kepariwisataan yang bertempat di Kalawa Convention Hall. Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini merupakan yang pertama dilaksanakan di Kota Palangka Raya. Berbagai mahasiswa dan mahasiswi dari kampus ternama yang ada di Kota Palangka Raya turut hadir dan mendapatkan pembekalan-pembekalan dasar mengenai pariwisata dan industri pariwisata. Begitu juga perwakilan dari beberapa Sanggar Seni dan Kelompok Sadar Wisata yang turut berpartisipasi dalam pelatihan.

Kegiatan yang digagas oleh Kementrian Pariwisata ini disambut baik oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya Ibu Hj. Norma Hikmah, M.si. Beliau yang juga turut memaparkan mengenai fungsi dan kebijakan-kebijakan apa saja yang telah di buat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya sesuai dengan RIPARDA yang telah direncanakan sebelumnya. Kemudian juga beliau berpesan agar kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara berkelanjutan, mengingat pelatihan dasar tentang pariwisata sangat penting disampaikan kepada generasi muda terkhusus bagi mahasiswa dan mahasiswi.

Sementara itu pihak Kementrian Pariwisata menunjuk langsung Asisten Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga, yakni Bapak Suwanto, SE. Beliau juga mempresentasikan tentang hal-hal dasar mengenai pariwisata, yaitu tentang pengertian apa itu pariwisata dan wisatawan, hingga penjelasan-penjelasan tentang Sapta Pesona. Selain itu juga beliau sangat senang dengan antusias mahasiswa dan mahasiswi yang jadi peserta pelatihan, sebab beberapa tahun belakangan sampai saat ini para pemuda perannya sangat penting dalam industri pariwisata Indonesia. Maka dari itu Kementrian Pariwisata sangat ingin mereka mendapatkan pengetahuan-pengetahuan mendasar tentang pariwisata, tutupnya.

Kemudian para pembicara lainnya yakni Bapak Asdy Narang. S.H., M. Comm.Law, yang merupakan Anggota DPR RI Komisi X, beliau menyampaikan bagaimana perkembangan SDM pariwisata yang ada di Kalimantan Tengah lalu kebijakan-kebijakan tentang pariwisata serta tentang peranan anggota DPR RI dalam industri pariwisata. Dan juga ada Bapak Bhayu Rhama, Ph.D., yang juga akademisi sekaligus praktisi pariwisata di Kalimantan Tengah yang sudah berpengalaman, beliau yang juga menjadi salah satu dosen di FISIP Universitas Palangka Raya ini memaparkan bagaimana peran sentral para pemuda dalam berperan aktif untuk terus mempromosikan pariwisata kalimantan tengah melalui media sosial.

Kemudian kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab antara para peserta dengan narasumber yang ada. Dan para peserta yang hadir merasa sangat senang dengan kegiatan seperti ini, karena menurut mereka semua yang di sampaikan mengenai hal-hal mendasar tentang pariwisata akan sangat berguna bagi mereka di kemudian hari nanti. AdminIR