Kuala Kapuas-Disbudpar. Kota Cantik Palangka Raya di hari pertama penyelenggaraan FBIM berhasil menoreh prestasi gemilang dengan merebut juara pertama pada cabang lomba Karnaval Budaya. Diikuti sebanyak 70 peserta pawai, Kota Palangka Raya unggul atas Kabupaten Katingan di urutan dua dan Kabupaten Murung Raya diurutan tiga untuk kategori Kabupaten/Kota.

Sedangkan Kategori Paguyuban/Sekolah juara pertama berhasil diraih Universitas Palangka Raya, Juara Kedua Sekolah Tinggi Agama Hindu Kaharingan Negeri dan Juara ketiga diraih oleh Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri. Kategori SOPD / BUMN juara pertama Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, Juara Kedua Bank Kalteng dan juara ketiga Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah.

Karnaval Budaya merupakan Cabang Lomba di hari pertama penyelenggaraan FBIM di Kuala Kapuas sekaligus pembukaan seluruh rangkaian kegiatan FBIM dalam rangka memeriahkan HUT Kalimantan Tengah ke-61 tahun 2018. Kegiatan Festival dibuka oleh Gubernur Kaliamantan Tengah, Sugianto Sabran bertempat di Stadiun Olahraga Panunjung Tarung Kuala Kapuas, Rabu (02/05/2018).

Kegiatan FBIM terus berlanjut di hari kedua Kamis (03/05/2018) dengan cabang lomba Jukung Tradisional (Dayung) berlokasi di Pelabuhan Danau Mare, Maneweng Manetek dan Manyila Kayu, Mangenta, Balogo, Manyipet, Ukir Patung dan Ukir Talawang, sedangkan malam hari digelar lomba Tari Daerah Pedalaman yang kesemuanya berlokasi di Stadiun Olah Raga Panunjung Tarung Kuala Kapuas. (Alamsyah)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tim Kreatifitas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya foto bersama sebelum Karnaval Budaya. Palangka Raya keluar sebagai Juara I pada cabang lomba Karnaval Budaya, Kemaren. (Foto : Budpar)