Menikmati Malam Di Cafe Terapung Sungai Kahayan

Belakangan ini bisnis kuliner di Kota Palangka Raya bisa dibilang sangat berkembang pesat. Terbukti dengan banyaknya rumah makan, restoran cepat saji, cafe-cafe ataupun kedai-kedai minuman. Yang mana semakin hari semakin bertambah saja jumlahnya. Mereka menawarkan tempat dengan berbagai konsep yang unik dan tentunya nyaman untuk membuat para konsumennya betah berlama-lama. Soal rasa tentunya dengan pilihan masing-masing.

Banyaknya pendatang dari berbagai daerah di Indonesia tentu menjadi faktor utama berkembangnya bisnis kuliner. Biasanya yang menetap dan tinggal disini.  Mereka membawa konsep kedaerahannya masing-masing, sehingga ini menjadi daya tarik tersendiri untuk masyarakat kota Palangka Raya yang majemuk. Umumnya mereka juga menawarkan masakan-masakan khas dari daerah mereka berasal.

Masyarakat asli daerah pun tidak mau ketinggalan untuk ikut menjalankan bisnis di bidang kuliner. Biasanya mereka membuat konsep rumah makan, cafe dan juga kedai minuman yang tidak kalah unik dari daerah lainnya. Dan pastinya mereka selalu menjual makanan dan minuman khas daerah kota Palangka Raya.

Cafe Rahan Untung salah satunya. Cafe yang satu ini merupakan paling unik di antara yang lain. Bisa dibilang satu-satunya yang ada di Kota Palangka Raya yang menawarkan konsep cafe pinggir Sungai Kahayan. Terletak ditempat yang strategis dan mudah untuk dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi. Pilihan menu makanan dan minuman pun tentu tidak kalah dengan yang lainnya. Ada menu tradisional serta ada juga yang modern. Dan untuk harga tentunya masih bersahabat dengan kantong.

Di temani bunyi ombak khas sungai yang berdebur tidak terlalu besar dan buaian angin malam yang tentunya membuat kesejukan tersendiri untuk berkumpul bersama keluarga, teman dan sahabat. Fasilitasnya pun bisa dibilang lumayan dengan adanya tempat duduk sofa maupun kursi, televisi, beberapa alat permainan, bahkan buku untuk bacaan ringan dan adanya jaringan wifi yang disediakan oleh pengelola.

Di buka dari siang hingga tengah malam, cafe yang satu ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Apalagi pada saat akhir pekan tiba, cafe ini biasanya sudah penuh dari sore hari. Pengunjung pun didominasi oleh anak muda yang masih duduk dibangku sekolah dan juga para mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas bersama. Namun pada hari biasa mungkin lebih didominasi oleh para pekerja yang pulang dari tempat pekerjaan, bahkan ada yang mengerjakannya di cafe ini. Karena tempatnya yang tenang dan nyaman tentu sangat memanjakan para konsumen yang datang.

Penulis pun pada saat membuat artikel ini mengerjakannya di Cafe Rahan Untung. sebelumnya memang sempat beberapa kali mampir ke cafe yang terletak di jalan Ahmad Yani ini. Dan sangat merekomendasikan buat kalian yang biasanya bingung ingin jalan ke mana, nah mungkin kalian patut mencoba cafe terapung yang satu ini. Buat kalian yang sudah pernah datang, coba untuk kembali karena ada beberapa fasilitas baru yang akan membuat kalian betah berlama-lama. (Ibnu Rasyid 2018)