Kesadaran Masyarakat Modal Utama Pengembangan Pariwisata

Palangka Raya, Disbudpar-Keindahan alam yang dimiliki sebagian besar wilayah Kota Palangka Raya, mampu memberikan potensi wisata alam yang menjadi magnet bagi wisatawan datang berkunjung ke daerah ini. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya, Hj. Norma Hikmah menilai, kesadaran dan kerjasama yang baik semua pihak termasuk masyarakat untuk mengembangkan potensi yang ada, merupakan modal utama pengembangan pariwisata.

Hal tersebut disampaikan Norma Hikmah pada saat membuka Pelatihan Dalam Rangka Peningkatan Sumber Daya Manusia Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya di Lokasi Wisata Kereng Bangkirai, Senin 18/09/2017.

“Masyarakat harus mempunyai kesadaran dan rasa memiliki, kemudian secara bersama-sama mengatur pengelolaan usaha jasa pariwisata, sehingga semua dapat menikmati manfaat dari aktivitas kepariwisataan, sekaligus menjaga keberlanjutan yang sustainable selaras dengan Sapta Pesona,”kata Norma.

Ditambahkan, adanya kesadaran masyarakat akan potensi wisata yang dimiliki menjadi salah satu faktor pendukung utama bagi kenyamanan wisatawan itu sendiri, belum lagi keasrian dan kealamian objek wisata akan menjadi atraksi nilai tambah bagi kegiatan wisata alam terutama wisata minat khusus. 

Kegiatan Pelatihan Dalam Rangka Peningkatan Sumber Daya Manusia Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif tersebut, diikuti sebanyak 60 orang peserta yang berasal dari pelaku usaha ekonomi kreatif, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) serta unsur berbagai bidang yang terkait lainnya.

Kegiatan Pelatihan menghadirkan nara sumber dari Central Borneo Guide, Yuyun Pratiwi, berkaitan dengan pengetahuan umum tentang kepariwisataan. Kegiatan pelatihan juga dilanjutkan dengan peragaan cara pembuatan cendramata berupa anyaman purun yang digunakan sebagai kemasan ikan kering yang diperagakan oleh Pokdarwis setempat. (Alamsyah)

Pelatihan Dalam Rangka Peningkatan Sumber Daya Manusia Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya di Lokasi Wisata Kereng Bangkirai, Senin 18/09/2017. (Foto : Alamsyah)

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *