Palangka Raya-Disbudpar. Walikota Palangka Raya, HM Riban Satia harapkan kontingen Kota Cantik Palangka Raya mampu ukir prestasi merebut juara umum di Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang digelar di Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, 2-6 Mei 2018. Hal ini diungkapkan Riban saat melepas keberangkatan kontingen di halaman Balai Kota, Senin (30/4/2018).

Untuk mewujudkannya menurut Riban, kontingen Palangka Raya harus kompak dan konsentrasi saat mengikuti lomba, sehingga bisa meraih prestasi yang membanggakan untuk kota Palangka Raya. “Kita semua mengharapkan kontingen Palangka Raya bisa mengukir prestasi dan bisa memboyong juara umum FBIM tingkat Provinsi Kalimantan Tengah,” harapnya.

Pasalnya, pada tahun 2017 pada penyelenggaraan FBIM di Kota Sampit, Kota Cantik Palangka Raya hanya mampu bertengger di urutan III kalah oleh Tuan Rumah Kabupaten Kotawaringin Timur sebagai juara II dan Juara Umum diraih oleh Kabupaten Murung Raya.

Kontingen Kota palangka Raya bertolak menuju Kota Air Kuala Kapuas menggunanakan bus dan mini bus dengan memboyong sebanyak 136 kontingen yang akan mengikuti 18 cabang lomba olahraga tradisional dan seni budaya. FBIM yang akan dilaksanakan 2-6 Mei 2018 di Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas ini dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Palangka Raya, Norma Hikmah mengatakan tujuan didakannya FBIM ini untuk melestarikan nilai-nilai tradisi masyarakat Dayak agar tidak punah dan tergusur oleh perubahan jaman, teknologi, dan informasi.

“Selain itu untuk menjalin silaturahmi antara seniman dan budayawan serta meningkatkan apresiasi seni dan budaya oleh pemerintah daerah,” tuturnya. (Alamsyah)