Disbudpar- Sungai Kahayan merupakan sungai yang membelah Kota Palangka Raya. Letaknya yang ditengah-tengah kota, ternyata dapat memberikan keindahan tersendiri apabila nanti sudah tertata rapi. Sesuai dengan semboyan kota ini yaitu Kota Cantik Palangka Raya.

Kini sedikit demi sedikit pinggiran sungai kahayan mulai ditata. Misalnya sudah dibangun Taman Pasuk Kameluh yang nantinya akan terhubung ke kawasan Flamboyan Bawah melalui sebuah jembatan. Lalu adanya Cafe Tugu Soekarno dan Cafe Terapung Rahan Untung yang semakin membuat kita betah berlama-lama menikmati pemandangan di Sungai Kahayan sambil menikmati makan dan minuman.

Saat ini juga sudah dibangun 6 buah gazebo di kawasan Flamboyan Bawah. Sehingga kita mempunyai spot baru lagi untuk menikmati pemandangan sungai kahayan. Melihat aktifitas warga hilir mudik perahu ang melintas di Sungai Kahayan.

Menurut beberapa pengunjung waktu terbaik untuk datang dan duduk di gazebo adalah sore hari. Tepatnya pada saat matahari mau terbenam karena arah menghadap ke barat yang mana terlihat juga Jembatan Kahayan. Seperti diketahui Jembatan Kahayan sempat menjadi ikon dari Kota Cantik Palangka Raya. AdminIR