Belakangan ini Obyek Wisata Dermaga Kereng Bangkirai menjadi salah satu tujuan wisatawan yang banyak diminati wisatawan lokal, karena pemandangan dan panorama alam sekitarnya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke dermaga. Akses menuju obyek wisata ini berjarak kurang lebih 10 km dari Pusat Kota Palangaka Raya dan akses yang mudah karena banyak tersedia transportasi umum untuk menuju kawasan tersebut. Dermaga Kereng Bangkirai yang merupakan pintu gerbang utama  menuju kawasan Taman Nasional Sebangau dan merupakan tujhuan wisata alam dan wisata minat khusus serta temapt lokasi penelitian Gambut yang dikelola oleh CIMTROP.

Dermaga kereng bangkirai dahulunya merupakan tempat bagi para atlet dayung untuk berlatih dan juga merupakan tempat dilaksanakannya kejuaraan nasional dayung di kalimantan tengah. Di dermaga kereng bangkirai terdapat tribun yang sudah tua dan usang namun sekarang tribun tersebut telah direnovasi dan ditambah dengan pondok-pondok kecil yang dibuat disekitar pinggiran sungai sebangau. Dengan penambahan pondok-pondok kecil dan renovasi yang dilakukan, sekarang dermaga kereng bangkirai telah menjadi salah satu pusat wisata yang banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Banyaknya wisatawan yang berkunjung dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk membuka warung-warung kecil dan juga menyediakan berbagai wahana wisata yang dapat disewa oleh para wisatawan yang berkunjung. Wahana wisata yang ada di dermaga kereng bangkirai yaitu sepeda bebek air, susur sungai, wisata ke batu ampar, dan masih banyak lainnya. Biaya yang dikenakan untuk wahana wisata tidak terlalu menguras kantong. Wahana yang ditawarkan berkisar dengan harga 5.000 hingga 20.000 saja. Ada beberapa fasilitas yang tersedia di Obyek Wisata tersebut, seperti Gazebo, panggung berbentuk bundar dan tersedia tempat foto selfie yang dibuat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya. Selain itu juga Wisatawan juga dapat melihat dan berkunjung ke sungai koran untuk tracking ke dalam hutan selama kurang lebih 30 menit dan setelah itu menuju ke batu ampar.

Dermaga kereng bangkirai dapat dinikmati bersama keluarga, teman , pacar, maupun gebetan karena dermaga kereng bangkirai ini memiliki spot-spot foto yang indah untuk berfoto dan selfi. Ditambah lagi dengan wahana wisata yang asyik menambah daya tari dermaga kereng bangkirai sebagai tujuan wisata yang diminati oleh wisatawan lokal dan mancanegara. (Abe)