Palangka Raya-Disbudpar, Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya kembali menggelar ajang bergengsi kaula muda, atau yang lebih dikenal dengan Pemilihan Putra dan Putri Pariwisata (Papipar) Kota Palangka Raya Tahun 2018. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 26-31 Maret 2018, dengan puncak acara malam unjuk bakat dan penobatan bertempat di Area Tugu Monumen Tiang Pancang Kota Palangka Raya.

Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata Kota Palangka Raya, Hj. Norma Hikmah, Jumat (23/02/2018) mengungkapkan, kegiatan tersebut sebagai ajang untuk menjaring putra dan putri, khususnya generasi muda berbakat dan potensial Kota Palangka Raya yang nantinya dinobatkan sebagai Representative Icon Bumi Tambun Bungai.

“Papipar Kota Palangka Raya tahun 2018 merupakan runtutan pelaksanaan yang ke-15, selama ini ajang Papipar mendapat sambutan hangat dari muda mudi Kota Palangka Raya, antusiasme ditunjukan dengan partisipasi para peserta yang tinggi,” ungkapnya.

Dijelaskan Norma, nantinya pasangan pemenang akan dianugerahi gelar bergengsi sebagai Putra dan Putri Pariwisata Kota Palangka Raya Tahun 2018, dan para pemenang akan terus diberikan pembinaan dan pengembangan, serta diikut sertakan secara aktif dalam berbagai macam kegiatan di lingkup Kota Palangka Raya, pemenang nantinya dipersiapkan untuk mengikuti Pemilihan Putra dan Putri ke ajang tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2018.

Pendaftaran Pemilihan Putra dan Putri Kota Palangka Raya dimulai sejak 10 Februari 2018 dan akan berakhir sampai dengan 26 Maret 2018, bertempat di Sekretariat, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya (Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) Jalan Tjilik Riwut Km 2,5 Palangka Raya Kalimantan Tengah. Dengan kontak person Endri Sukah, SE (0812 5073 7977) atau Patmi Dewi (0812 5029 3549).

Kriteri dan syarat peserta sebagai berikut :

  • Peserta adalah remaja putra dan putri yang berdomisili di Kota Palangka Raya.
  • Peserta belum pernah menjadi juara dalam Pemilihan Putra dan Putri Pariwisata Kota Palangka Raya periode sebelumnya.
  • Usia peserta minimal 17 tahun dan maksimal 25 tahun.
  • Belum menikah
  • Tinggi badan peserta putra minimal 167 cm dan tinggi badan peserta putri minimal 155 cm.
  • Peserta wajib memiliki wawasan mengenai gambaran umum dan potensi wisata kota Palangka Raya.
  • Peserta juga wajib mempersiapkan busana adat khas Kalimantan Tengah dan Benang Bintik serta narasi tentang makna dan arti busana yang akan dikenakan.
  • Menguasai beberapa bentuk seni khas daerah.

Nantinya, selain dilibatkan dalam kegiatan di Lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya, para juara dari berbagai kategori juga akan “dibanjiri” uang pembinaan mencapai puluhan juta rupiah, ditambah dengan hadiah atau bonus dari para sponsor. Jika anda tertantang dan berminat sesuai kategori tersebut, silakan daftar diri anda. Untuk lebih jelasnya, datang dan tanyakan langsung di sekretariat panitia Pemilihan Putra dan Putri  Pariwisata Kota Palangka Raya. (Alamsyah)